Jumat, 28 Februari 2014

NASA Absahkan Temuan baru 715 Planet

NASA Menemukan 715 planet di luar tata surya. Temuan ini menambah panjang daftar planet-planet yang sudah di temukan sebelumnya hingga menjadi hampir 1700 planet. 

Dengan bantuan pesawat luar angkasa Kepler, badan ruang angkasa Amerika Serikat NASA, Mengabsahkan eksistensi 715 planet yang mengorbit di luar tata surya. 

Dengan temuan ini, NASA mengaktualisasi jumlah planet hampir 1700 planet. Empat dari planet-planet tersebut mempunyai ukuran 2,5 kali besar dari planet bumi dan mengorbit di jarak yang tepat dari bintang induknya ( matahari mereka) untuk permukaan air, yang di yakini menjadikunci kehidupan. 

Teleskop Kepler yang diluncurkan pada tahun 2009, menghabiskan empat tahun produktif dalam mengamati 160.000 bintang. 

Peningkatan jumlah

Penghitungan baru jumlah planet ini meningkatkan jumlah planet hasi pengamatan Kepler yang telah diabsahkan, dari 246 ke 961 planet.

Jika dikombinasikan dengan hasil teleskop lain, maka jumlah planet di luar tata surya atau eksoplanet, maka angkanya mencapai hampir 1.700 planet.

" Hampir dua kali lipat kini jumlah planet yang dikenal bagi humanitas,"ujar astronom Douglas Hudgins yang merupakan kepala eksplorasi eksoplanet di markas NASA di Washinton.

Ledakan populasi picu teknik baru

Ledakan populasi di bumi memicu teknik verifikasi baru yang menganalisa planet potensial. Metode ini dikembangkan setelah para ilmuwan menyadari bahwa sebagian besar planet, seperti juga tata surya, memiliki hubungan dengan planet lain yang mengorbit pada bintang induk yang sama.

Planet-planet yang ditemukan memperkuat bukti bahwa planet kecil, ddua sampai tiga kali ukuran bumi, berada di seluruh galaksi.

"Secara harfiah, di manapun Kepler dapat melihat mereka, menemukan mereka,"kata astronom Sara Seager dari Institut Teknologi Massachuset."Itulah mengapa kita memiliki kenyakinan bahwa akan adaplanet seperti bumi di tempat lain."

Keasaman dan bedanya dengan tata surya

Seperti tata surya, yang memiliki delapan planet di tambah Pluto dan lainnya yang disebut "planet kerdil," eksoplanet baru termasuk kedalam keluarga-keluarga serupa.

tapi tidak seperti planet planet di tata surya, yang misalnya jarak Merkurius ke luar Neptunus sekitar 150 kali lebih jauh dari Bumi, kla Kepler berkumpul berdekatan.

Sebagian besar planet lebih dekat ke bintang induknya ketimbang Venus mengorbit Matahari, jaraknya sekita 108 juta km.

NASA dan lembaga antariksa lainya sedang merancang tindak lanjut kinerja teleskop dalam apa yang disebut "zona layak huni", yang berada disekitar bintang induknya dimana suhunya cocok untuk permukaan air.

AP/VZL(ap/dpa)
sumber:dw.co id








4 komentar:

  1. Tampilan Blognya Keren...
    Salam Kenal
    Web Kimia SMK Asyik
    di
    http://www.trigpss.com/

    BalasHapus
  2. ternyata planet didunia banyak juga... beda dengan waktu pelajaran di SMP dan SMU ya.. ternyata tata surya... berkembang terus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya pak... kalau terus di teliti rasanya kita kecil sekali

      Hapus